Belajar HTML Dasar : Pengenalan

By imadewira June 12, 2012 Tutorial HTML

Definisi HTML

HTML adalah sebuah bahasa untuk menampilkan halaman sebuah website. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML bukan termasuk dalam bahasa pemrograman, tetapi HTML adalah “markup language“, “markup language” ini merupakan sekumpulan “tag“. “tag” inilah yang digunakan untuk menampilkan halaman website dalam tampilan tertentu.

Tag HTML

Tag adalah teks khusus (markup) yang terdiri dari nama tag yang diapit oleh karakter “<” (tanda lebih kecil) dan “>” (tanda lebih besar). Contoh tag <body> : adalah tag dengan nama tag body. Tag umumnya ditulis secara pasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup. Contoh tag pembuka : <body> dan tag penutup </body> (ditambah tanda “/”).

Tag HTML tidak bersifat case sensitive, maksudnya tag HTML tidak membedakan huruf besar/katipal dan huruf kecil. Jadi anda bisa menggunakan huruf kapital atau pun huruf kecil ketika menuliskan tag HTML. Misalnya menuliskan <body> dengan <BODY> maka hasilnya akan sama saja. Namun walaupun begitu, akan lebih bagus jika kita konsisten memilih salah satu saja untuk semua tag di halaman HTML yang kita buat.

Web Browser dan Dokumen HTML

Web browser adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk menampilkan halaman website. Contoh web browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Web browser memiliki tugas untuk membaca dokumen HTML dan menampilkan sebagai halaman website. Web browser tidak menampilkan tag HTML tetapi menggunakan tag HTML untuk menampilkan isi dari halaman HTML tersebut.

Dokumen HTML sendiri terdiri dari tag-tag HTML dan teks biasa. Jadi dokumen HTML bisa disamakan dengan halaman website. Artinya dokumen HTML juga bisa disebut dengan halaman website.

Contoh HTML sederhana :

<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<h1>Heading</h1>
<p>Isi paragraf disini.</p>
</body>
</html>

Hasil tampilan kode HTML diatas pada browser adalah seperti berikut :

Ekstensi HTML atau HTM?

Dokumen HTML ada yang disimpan dengan ektensi HTM dan HTML. Mungkin ketika anda mencoba latihan membuat HTML sederhana anda pernah bingung, apakah harus disimpan dengan ekstensi “htm” atau “html”. Sebenarnya sama saja, tidak ada pengaruhnya pada halaman HTML anda antara ektensi “htm” atau pun “html”, jadi anda bebas memilihnya. Tapi disarankan anda konsisten dengan memilih salah satu untuk mempermudah mengingat nama file. Karena misalnya ketika memanggil file tertentu agar anda tidak salah mengetikkannya.

Untuk diketahui bahwa pada awalnya ektensi “htm” digunakan karena berbagai sistem dan software hanya mengijinkan 3 digit/karakter untuk dijadikan ekstensi sebuah file/dokumen. Tapi untuk saat ini, kita sudah dapat menggunakan ekstensi “html” sebagai ekstensi file/dokumen HTML.

Related Posts:

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *