Cara Menyingkirkan Friend di Facebook Tanpa Unfriend

By imadewira April 25, 2013 Tips Internet

Jejaring sosial belakangan ini memang merupakan sebuah tren tersendiri khususnya di dunia internet dan teknologi informasi. Jumlah pengguna jejaring sosial semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pengakses internet. Selain itu jumlah situs jejaring sosial pun semakin beragam. Jejaring sosial yang paling fenomenal tetaplah Facebook karena setidaknya hingga saat ini Facebook masih menjadi raja dalam hal jejaring sosial walaupun memiliki pesaing seperti Twitter maupun Google+ (yang sempat diramalkan akan meruntuhkan ketenaran Facebook).

Seiring bertambah banyaknya pengguna Facebook tentu membuat Facebook terasa makin sesak. Di satu sisi kini kita memang dapat dengan lebih mudah terhubung dengan orang lain karena hampir semua remaja dan orang dewasa kini memiliki akun di Facebook, bahkan tidak jarang orang tua yang tidak mau kalah eksis dan narsis di Facebook. Anak-anak pun tidak mau ketinggalan ikut eksis karena tidak mau dikatakan kalah gaul oleh teman-temannya walaupun sebenarnya ada batasan umur untuk menjadi pengguna Facebook.

Namun di sisi lain, tidak jarang pengguna Facebook yang mengeluh karena banyaknya friend yang mereka miliki. Apalagi perilaku beberapa pengguna Facebook ternyata tidak sama, ada yang meng-update status begini, begitu dan lain sebagainya. Pada akhirnya, seseorang merasa ingin percuma membuka Facebook karena halaman home mereka dipenuhi dengan sesuatu yang tidak ingin mereka lihat.

Lalu apa yang dilakukan, cara mudahnya tentu saja dengan melakukan “pemutusan hubungan” dengan orang-orang (akun) yang tidak kita sukai sehingga kita tidak perlu lagi melihat perilaku orang-orang tersebut ketika membuat status atau men-share sesuatu. Tapi apakah semudah itu?

Lalu bagaimana tanggapan orang yang kita “putuskan” tersebut ketika mengetahui dirinya “dibuang” dari friend seseorang. Memang tidak ada notifikasi atau pemberitahuan khusus ketika kita meng-unfriend seseorang, tetapi lama kelamaan dia akan tahu juga. Kalau kedua orang yang “putus hubungan” tersebut memang tidak saling kenal di dunia nyata, mungkin tidak akan menjadi masalah, tetapi bagaimana jika orang yang kita “putuskan” itu adalah orang yang dikenal di dunia nyata. Misalkan seorang teman yang suka mengeluh, seorang kerabat yang suka mengumpat dan menyindir, atau seorang keponakan yang ababil.

Tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan karena orang yang “diputuskan” tersebut akan tersinggung. Dan sepertinya ada cara yang lebih bijaksana untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menghilangkan orang tersebut hanya di home kita saja. Artinya dia masih menjadi friend di Facebook kita namun apapun yang dia lakukan tidak akan muncul di home Facebook kita. Orang tersebut juga tetap bisa melihat status kita (kecuali dia melakukan hal yang sama) dan berkomentar.

Caranya adalah silahkan login ke Facebook melalui komputer, lalu tunjuk akun yang tertentu sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah. Kemudin tunjuk tombol Friend dan terakhir hilangkan tanda centang pada “Show in News Feed”.

Cara Bijak Tanpa Unfriend

Dengan cara begini, seseorang akan tetap menjadi friend di akun Facebook kita tetapi apa status yang dia tulis tidak akan muncul di tampilan halaman depan (home) Facebook kita. Selamat mencoba.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *