Email Berbasis Web vs Email Berbasis Client

By imadewira October 26, 2009 Umum

Email merupakan salah satu layanan yang terkenal dan banyak digunakan di internet. Layanan email dikategorikan menjadi dua yaitu email berbasis web dan email berbasis client. Untuk email berbasis web, aktifitas email dilakukan pada sebuah situs web (berbasis web). Ini berarti untuk menggunakannya harus dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh layanan email gratis seperti Yahoo! Mail, Google Mail (Gmail), Hot Mail, dan lainnya.

Untuk email berbasis client, aktifitas email dilakukan di software email client seperti Eudora, Outlook Express, Mozilla Thunderbird yang lainnya. Software ini menyediakan penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tanpa tersambung ke internet) sehingga biaya menjadi lebih murah dan waktu lebih efisien. Koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan pengiriman (send) dan menerima (receive) email dari mailbox.

Kelebihan email berbasis web tentu saja karena dapat diakses dari mana saja namun harus tersedia koneksi internet. Sedangkan email berbasis client hanya membutuhkan koneksi internet ketika melakukan pengiriman (send) dan penerimaan (receive) data, namun terbatas digunakan disebuah komputer yang tersedia aplikasi email client dan sudah di setting.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>