Pengenalan Website

By imadewira September 30, 2009 Pengantar Teknologi Informasi

Kata dan istilah “internet” pada dasarnya mengacu pada rangkaian dan jaringan di internet, bukan program atau aplikasi tertentu. Maka dari itu, tanpa adanya aplikasi yang sesuai maka internet tidak akan ada gunanya. Saat ini di internet terdapat berbagai macam aplikasi dan layanan yang tersedia. Setiap aplikasi tersebut berjalan sesuai dengan protokol tertentu.

Protokol ini adalah sebuah kumpulan aturan yang mengatur tentang bagaimana aplikasi tersebut berkomunikasi di internet. Ada 5 macam aplikasi atau layanan yang sering digunakan di internet yaitu : WWW (web), Email, Chatting, File Transfer, Remote Login.

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web atau sering disebut “website” atau cukup “web” saja. Website merupakan layanan yang paling populer dan paling berkembang dalam perkembangan internet. Website begitu populer bahkan banyak orang awam yang mengidentikkan website dengan internet.

Secara teknis website bisa dikatakan adalah sebuah sistem yang menyediakan berbagai informasi. Informasi yang disediakan pada website dapat berupa teks, gambar, suara, viedo dan lain-lain. Semua informasi yang tersedia di website tersimpan di sebuah internet webserver atau disebut webserver saja.

Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Dari komputer yang kita gunakan, website dapat diakses dengan menggunakan sebuah software atau program aplikasi yang disebut web browser atau disebut browser saja.

Browser akan membaca dan menampilkan halaman website yang tersimpan di webserver dengan protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Terdapat banyak browser yang tersedia saat ini, contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya.

Seiring pesatnya perkembangan dunia internet, jumlah website yang ada juga semakin banyak bahkan melebihi miliaran. Untuk memudahkan pencarian dan penelusuran halaman website, user dapat menggunakan website yang disebut search engine (mesin pencari). Contoh website search engine seperti Google, Yahoo, dan lainnya.

Related Posts:

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>