Program C++ Mencari Bilangan Terkecil Dengan Operator Kondisi

By imadewira January 10, 2010 Program C++

Pada bahasa pemrograman C++ terdapat sebuah operator yang termasuk operator ternary yaitu operator kondisi. Operator ternary adalah operator yang menggunakan 3 operand (berupa ungkapan), maka dari itu operator kondisi pada C++ termasuk operator ternary.

Salah satu contoh kegunaan operator kondisi adalah pada program C++ untuk mencari bilangan terkecil. Sebenarnya cara ideal pada program C++ untuk mencari bilangan terkecil adalah menggunakan pernyataan IF. Tetapi sebelum mengenal pernyataan IF, kita juga dapat menggunakan operator kondisi untuk mencari bilangan terkecil, misalnya mencari bilangan diantara 3 bilangan.

Baiklah, berikut ini program C++ untuk mencari bilangan terkecil diantara 3 bilangan dengan menggunakan operator kondisi :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()
{
      int bil1, bil2, bil3, minim;
      bil1 = 9;
      bil2 = 2;
      bil3 = 7;
      minim = bil1 < bil2 ? bil1 : bil2;
      minim = bil3 < minim ? bil3 : minim;
      cout<<"Bilangan terkecil = "<<minim;
      getch();
}

Jika ingin mencari bilangan terbesar, cukup edit sedikit code program diatas, yaitu ubah tanda “<” (lebih kecil) menjadi “>” (lebih besar). Jika anda sudah mengerti contoh program diatas, untuk latihan algoritma cobalah sekarang buat program mencari bilangan terkecil / terbesar dari 4 buah bilangan. Selamat mencoba, jika belum berhasil dan anda penasaran dengan caranya, silahkan hubungi saya di wirautama06[at]yahoo.com

Related Posts:

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>