Program C++ Mencari Nilai Rata-Rata Dengan For

By imadewira July 1, 2010 Program C++

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bahasa pemrograman C++ pernyataan For digunakan untuk melakukan perulangan (looping) terhadap satu atau sejumlah pernyataan. Sebagai contoh kita bisa mencari nilai rata-rata yang diinputkan oleh user. Kemudian program akan menampilkan jumlah total serta nilai rata-rata dari nilai yang diinputkan oleh user tersebut.

Misalkan kita ingin mencari nilai rata-rata dari 10 nilai yang diinputkan oleh user, maka program C++ nya adalah sebagai berikut :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()
{
    float n, total, rata2;
    total = 0;
    for(int i=0; i<10; i++)
    {
        cout<<"Masukkan nilai ke "<<(i+1)<<" : ";
        cin>>n;
        total = total + n;
    }
    rata2 = total / 10;
    cout<<"Total = "<<total<<endl;
    cout<<"Rata2 = "<<rata2<<endl;
    getch();
}

Penjelasan Program C++ Mencari Nilai Rata-Rata Dengan For :

Mula-mula kita deklarasikan variabel yaitu n, total dan rata2 dengan tipe float. Mengapa float? agar nantinya nilai rata-rata yang ditampilkan bisa dalam bentuk pecahan. Variabel total yang akan kita gunakan untuk menyimpan nilai total kita inisialisasi (beri nilai awal) dengan 0. Selanjutnya kita lakukan perulangan (looping) dengan For sebanyak 10 kali yaitu mulai dari 0 hingga 9.

Dalam setiap perulangan kita meminta input dari user yang akan disimpan dalam variabel n. Kemudian nilai total (yang baru) ditambahkan nilai n yang sebelumnya telah diinputkan oleh user. Setelah 10 kali perulangan (looping) kita cari nilai rata-rata dengan melakukan pembagian terhadap variabel total yaitu total dibagi 10 dan hasilnya disimpan dalam variabel rata2.

Langkah terakhir adalah menampilkan nilai total yang tersimpan dalam variabel total dan menampilkan nilai rata-rata yang tersimpan dalam variabel rata2.

Related Posts:

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *