Program C++ Mengurutkan 3 Bilangan Dengan IF

By imadewira November 24, 2011 Program C++

Berikut ini adalah program C++ untuk mengurutkan (menampilkan urutan) 3 bilangan dengan menggunakan pernyataan IF. Sebelumnya coba kita perhatikan dulu soal yang diberikan yaitu :

Dengan menggunakan pernyataan IF, buatlah program untuk mengurutkan 3 buah bilangan yang diinputkan oleh user. Misalnya bilangan yang diinputkan oleh user, A = 5, B = 10, C = 7. Maka tampilan program adalah : 5 7 10.

Program :

#include <conio.h>
#include <iostream.h>

void main()
{
   int a, b, c, x;
   cout<<"Masukkan a : ";
   cin>>a;
   cout<<"Masukkan b : ";
   cin>>b;
   cout<<"Masukkan c : ";
   cin>>c;
   if(b < a)
   {
      x = b;
      b = a;
      a = x;
   }
   if(c < a)
   {
      x = c;
      c = a;
      a = x;
   }
   if(c < b)
   {
      x = b;
      b = c;
      c = x;
   }
   cout<<"Bilangan setelah diurutkan : "<<a<<" "<<b<<" "<<c;
   getch();
}

Analisa dan Penjelasan Program :

Sesuai dengan soal bahwa ada 3 bilangan yang diinputkan oleh user secara acak, maka kita harus membuat 3 buah variabel untuk menyimpan nilai bilangan tersebut. Disini dimisalkan variabel tersebut adalah a, b dan c. User kemudian menginputkan 3 buah bilangan.

Untuk menampilkan bilangan secara terurut maka kita harus melakukan proses pengurutan. Proses pengurutan (sorting) sebenarnya beberapa macam teknik / metode, tapi kali ini kita akan menggunakan cara paling sederhana yaitu dengan membandingkan 3 bilangan tersebut.

Langkah pertama adalah mencari bilangan terkecil diantara 3 bilangan tersebut yaitu membandingkan a dengan b, jika ternyata b lebih kecil maka isi a dan b akan kita tukar. Dengan begitu kita sudah memastikan hasilnya adalah a lebih kecil dari b. Selanjutnya adalah membandingkan a dengan c, jika c ternyata lebih kecil maka kita tukar antara a dan c. Sehingga a tetap berisi bilangan terkecil.

Sampai tahap kita sudah memastikan a berisi bilangan terkecil dibandingkan b dan c. Sehingga tahap kedua kita tinggal membandingkan antara b dan c. Jika ternyata c lebih kecil maka b dan c akan kita tukar sehingga hasilnya b lebih kecil dari c. Dengan demikian, hasil akhir isi variabel a, b dan c sudah terurut.

Demikianlah program C++ untuk mengurutkan 3 buah bilangan dengan menggunakan pernyataan IF. Program C++ merupakan salah satu cara (algoritma) saja, jika anda memiliki cara atau algoritma yang lebih sederhana silahkan digunakan.

Related Posts:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *